July 10, 2013

Cara Membuat Mata Anime di Paint Tool SAI

Assalamu'alaikum. kali ini Aiko/sofi akan menerangkan Cara Membuat Mata Anime di Paint Tool SAI ^o^)/

Dalam menggambar, diperlukan sketsa supaya gambarnya tidak berantakan. Maka dari itu, disini aku menjelaskannya menggunakan sketsa '-'.. terserah kalian mau ikut memakai sketsa atau tidak, tapi sangat disarankan pelajarilah sketsa, itu penting banget. Sketsanya yang garis horizontal vertikal itu ya '-')/
Ohya aku memakai Curve Tool ukuran 9 di linework ini.

1. Buatlah 5 layer, dari yang paling dasar: alis, kotak, bagian atas dan bawah mata, bola mata, dan detail mata. Semuanya Layer Linework. Sementara ini di beberapa nomor namanya mungkin agak memusingkan karena cuma ada linework 1-3, tapi setelah itu namanya diganti kok '-'















2. Gambarlah alis. Kali ini aku menggunakan alis yang tajam atau kelihatan sedang marah :3. kalian boleh bereksperimen alis yang lain, tapi kusarankan ikuti saja seperti contohku. (Layer : Linework 1/ Alis)





3. Ini masuk ke bagian sketsa. Optional.  Gambarlah kotak persegi yang panjangnya dari alis kanan ke kiri, lebarnya kira-kira kamu saja. Ini mempengaruhi besar mata yang akan kalian buat. (Layer : Linework 2/ Kotak) 
Warnanya kalau bisa warna yang cukup terlihat seperti biru, coklat, merah.



4.  Masuki Layer : Linework 3/Bagian atas dan bawah mata. Sekarang kita akan membuat bagian atas dan bawah matanya, sesuai nama si layer. Gambarnya di kotak 1 dan kotak 3 seperti contoh gambar.


  

5. Masuki Layer : Linework 4/Bola mata. Buat bola mata ditengah2 dari bagian atas dan bawah mata seperti digambar. Kali ini, bentuk bola mata yang digunakan adalah berbentuk kotak.





 6. Masuki Layer : Detail mata. Sekarang waktunya membuat detail mata seperti iris, bulu mata ataupun lainnya. Buat garis kecil diatas mata :3. Lalu buat pupil mata(bagian hitam yang ada ditengah mata itu) menggunakan curve ataupun pen.






Oke, sekarang tinggal kita rapikan gambar mata yang telah kita buat :3.

 7. Dari bagian pertama, Layer : Alis. Rapikan alis menggunakan Pressure dan Weight. Di weight, alisnya kupertebal sedikit (klik ukuran yang kamu mau, lalu klik garis alisnya). Di Pressure, ujung alis kurubah jadi 0%, dan ujung lainnya 46%. Sedangkan di titik lekukannya, kurubah jadi 121%.

8. Lalu layer ketiga, Layer : Bagian atas dan bawah mata(kotak nggak usah). Sekarang waktunya ngerapiin bagian atas dan bawahnya :3 . Ini cukup menggunakan Pressure, di ujung masing-masing bagian atas mata diruncingkan, tapi jangan terlalu runcing. Nggak usah sampai 0%. Lalu dibagian lekukan atas mata itu pressurenya dinaikkan sedikit hingga terlihat ada bagian mata yang tebal '-'. Kalau bingung, biar lebih jelas, bagian yang pressurenya ku edit ku beri lingkaran merah digambar atas /('-')/


9. Layer keempat, Layer : Bola Mata, menggunakan Pressure, bagian atas ditebalkan, bagian bawahnya ditipiskan sedikit, sedangkan bagian tengahnya ditipiskan.


10. Layer kelima dan terakhir, Layer : Detail Mata. Garis kecil diatas mata diganti Weightnya menjadi lebih kecil, dan bagian runcingnya juga lebih diruncingkan, hingga 000% '-'.

11. Hapus Layer : Kotak, kalau masih ada yang menurutmu kurang, perbaiki lagi. LINEART selesai '-' (yee...~)


Ohya, variasi mata yang bisa kalian bikin banyak, kok! Coba aja kalian bentuk eyelids, eyebrows, pupil, eyeballs sendiri,  nanti pasti keren. Eksperimen itu menyenangkan!


Wassalamu'alaikum wr wb~

4 komentar:

  1. Sangat2 membantu.. thanks banget

    ReplyDelete
  2. klo cara membuat bulatan itu gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulatan yang mana kk? pakai curve tool saja di layer lineart. Maaf baru jwb...

      Delete