July 05, 2015

Debat Bahasa Inggris ( English Debate )

Bonjour, good morning everybody :3
Still with meh IkrarHesa , Hari ini gw mau share mengenai English Debating , kenapa English Debating? karna english debating adalah salah satu hal yg akhir-akhir ini saya tekuni.



yok kenali apa itu debat bahasa Inggris dan aksiologi dari debat tersebut .
berdasarkan wikipedia
Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat dihasilkan melalui voting atau keputusan juri.

Lalu Apa sih tujuan dari debat?
kalo versi saya sendiri sih tujuan dari debat itu untuk menemukan solusi terhadap suatu masalah
dengan cara mengemukakan pendapat dan ide yang kita miliki dalam pikiran kita.

Apa Keuntungan ikut debat bahasa inggris?
dalam suatu hal pasti ada manfaatnya dan dalam debat bahasa Inggris ada banyak banget manfaat yg bisa kamu dapet dengan mengikuti debat bahasa inggris.berikut nih versi saya yang emang udah saya rasain sendiri

a.lebih tau dari orang lain dan penuh dengan ide
   kenapa bisa gitu? seorang debater dituntut untuk mengetahui banyak hal dan informasi terbaru dan terpercaya tentunya, mulai dari sosial, ekonomi, pariwisata, bahkan politik sekalipun karna hal tersebut berguna ketika kita berada dalam debat bahasa inggris atau english debate.

b.Berpikir Kritis 
   Selain bikin kamu lebih tau dari orang lain,english debate juga mengajari dan membentukmu menjadi pribadi yg berpikir kritis dan tidak serta merta langsung menerima mentah-mentah apa yang dikatakan orang lain, kamu bakal menelaah lebih dahulu segaka suatu hal dan melihatnya dari sisi yang berbeda.hal seperti ini sangat berguna dimanapun jadi anda tidak dengan mudahnya terpengaruh suatu hal yg belum tentu kebenarannya.

c.Bahasa Inggris apa kabar? tentunya meningkat   yap, namanya juga debat bahasa Inggris ya yang paling menonjol tentu kemampuan berbahasa Inggrisnya, udah saya rasain sendiri , saya yang awalnya malu-malu buat ngomong bahasa inggris jadi udah terbiasa karna ikut debat bahasa inggris dan tentu ini hal yang sangat berguna bukan? mengingat di tahun 2015 kita sudah memasuki era MEA(Masyarakat Ekonomi Asean) dan saingan kita bukan hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri dalam dunia kerja, mengingat banyak juga perusahaan-perusahaan saat ini yang mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris.

d.Public Speaking
   biasanya debat bahasa inggris dilakukan didalam ruangan tertutup dan terdiri dari para kontestan dan juri yang ada, tapi itu kembali bagaimana pihak panitia mengadakan debatenya.didalam debate kamu mesti belajar Ngomong maksudnya? kita kan udah bisa ngomong ? bukan gitu, dalam debate kita basanya berhadpan dengan orang banyak itu sama kaya kita mau pidato ya mau ga mau kamu harus bisa dan seiring berjalannya waktu kamu bakal mulai terbiasa untuk berbicara didepan orang banyak.

sebenernya masih banyak lagi manfaat lainnya dari debat bahasa inggris, tapi ga perlulah ya saya kasih tau semuanya silahkan coba sendiri dan rasakan manfaatnya! huahahaha
*agak stress
di posting berikutnya gw bakal post tutorial bagaimana sih cara debate? jadi stay tuned buat postingan berikutnya ya :)


0 komentar

Post a Comment